Training Menghadapi Masa Purnabakti (Pensiun) : (12-14 Maret 2025, Jakarta) (19-21 Maret 2025, Yogyakarta) (26-28 Maret 2025, Bandung) (2-4 April 2025, Surabaya)

Deskripsi Training Menghadapi Masa Purnabakti (Pensiun)

Bagi seorang karyawan atau pegawai, bekerja merupakan siklus hidup yang memiliki awal dan akhir, sehingga masa itu akan dilalui oleh setiap karyawan/pegawai. Akhir dari suatu pekerjaan adalah masa purna karya atau yang lebih dikenal sebagai masa pensiun. Di satu sisi, masa purna karya merupakan masa dimana seorang karyawan dapat merdeka, bebas menentukan apa saja dalam mengisi kesehariannya. Namun, disisi lain masa pensiun dapat menyebabkan orang menjadi ‘kehilangan’ pekerjaan, status, dan wibawa sebagai karyawan sehingga menjadi stres dan dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan negatif tersebut, harus ada persiapan mental, pola piker, perencanaan keuangan, persiapan wirausaha dan persiapan lainnya menjelang masa purna karya.

Wirausaha dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang memasuki masa purna karya dimana wirausaha merupakan proses identifikasi, pengembangan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Berwira usaha tidaklah berbeda dari aktivitas bekerja seperti biasa. Oleh karena itu, pada pelatihan ini akan diberikan beberapa persiapan khusus dalam memasuki masa pensiun yang bahagia dan terencana yang ditambahkan dengan pengetahuan wirausaha dengan kunjungan langsung ke industry atau UKM.

Tujuan Training Menghadapi Masa Purnabakti (Pensiun)

Setelah mengikuti pelatihani, peserta diharapkan dapat:

  1. Mempersiapkan sebaik mungkin dan sedini mungkin  dalam menghadapi masa purna karya;
  2. Memahami bahwa berwirausaha dapat menjadi aktivitas baik dan penting sehingga dapat menjauhkan diri dari “stress” akibat memasuki masa purna karya.

Materi Training Menghadapi Masa Purnabakti (Pensiun)

  1. Sikap mental memasuki masa purna karya;
  2. Mind set memasuki masa purna karya
  3. Menggali potensi diri sebagai wirausaha
  4. Membangun jiwa wirausaha
  5. Pemilihan karakter bidang usaha
  6. Etika bisnis dan Strategi bisnis
  7. Membuat perencanaan bisnis (business plan)
  8. Membuat marketing plan
  9. Tips-tips dalam merintis usaha;
  10. Pengembangan bisnis;
  11. Kunjungan lapangan ke UKM

Peserta

Training ini diperuntukkan bagi para pegawai atau karyawan yang akan memasuki masa purna karya.

Metode

Presentasi, Diskusi , Brainstorming, Case Study,Evaluasi

FASILITAS

Sertifkat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang

Investasi

  • Investasi sebesar Rp. 6.500.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.500.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 3 peserta dari perusahaan yang sama.*

INFORMASI DAN PROMO

0811-996-1224 (WA)

021-22830080

METODE TRAINING

Metode interaktif, presentasi, diskusi, studi kasus

CONTACT PERSON

0812-9679-1324 (WA)

Jadwal Online & OfflineTahun 2025:

Januari

  • 7-9 Januari 2025, Jakarta
  • 15-17 Januari 2025, Yogyakarta
  • 20-22 Januari 2025, Bandung

Februari

  • 5-7 Februari 2025, Batam
  • 12-14 Februari2025, Jakarta
  • 19-21 Februari 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Februari 2025, Bandung

Maret

  • 5-7 Maret 2025, Malang
  • 12-14 Maret 2025, Jakarta
  • 19-21 Maret 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Maret 2025, Bandung

April

  • 2-4 April 2025, Surabaya
  • 9-11 April 2025, Jakarta
  • 15-17 April 2025, Yogyakarta
  • 23-25 April 2025, Bandung

Mei

  • 7-9 Mei 2025, Malang
  • 14-16 Mei 2025, Jakarta
  • 20-223 Mei 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Mei 2025, Bandung

Juni

  • 2-4 Juni 2025, Bali
  • 9-11 Juni 2025, Jakarta
  • 16-18 Juni 2025, Yogyakarta
  • 23-25 Juni 2025, Bandung

Juli

  • 1-3 Juli 2025, Batam
  • 7-9 Juli 2025, Jakarta
  • 14-16 Juli 2025, Lombok
  • 21-23 Juli 2025, Yogyakarta
  • 28-30 Juli 2025, Bandung

Agustus

  • 4-6 Agustus 2025, Bali
  • 11-13 Agustus 2025, Jakarta
  • 18-20 Agustus 2025, Yogyakarta
  • 25-27 Agustus 2025, Bandung

September

  • 2-4 September 2025, Surabaya
  • 8-10 September 2025, Jakarta
  • 15-17 September 2025, Yogyakarta
  • 24-26 September 2025, Bandung

Oktober

  • 2-4 Oktober 2025, Bali
  • 6-8 Oktober 2025, Jakarta
  • 13-15 Oktober 2025, Yogyakarta
  • 20-22 Oktober 2025, Semarang
  • 27-29 Oktober 2025,Bandung

November

  • 5-7 November 2025, Lombok
  • 12-14 November 2025, Jakarta
  • 19-21 November 2025, Yogyakarta
  • 26-28 November 2025, Bandung

Desember

  • 1-3 Desember 2025, Surabaya
  • 8-10 Desember 2025, Jakarta
  • 15-17 Desember 2025, Yogyakarta
  • 29-31 Desember 2025, Bandung

Klik link form registrasi https://bit.ly/FormRegistrasiPTGIP

Training Penentuan Potensi Pencemaran dan Karakteristik Limbah B3 (Sertifikasi BNSP) : (12-14 Maret 2025, Jakarta) (19-21 Maret 2025, Yogyakarta) (26-28 Maret 2025, Bandung) (2-4 April 2025, Surabaya)

Latar Belakang Training Penentuan Potensi Pencemaran dan Karakteristik Limbah B3 (Sertifikasi BNSP)

Skema ini disusun sebagai langkah implementasi dari SKKNI NO. 187 TAHUN 2016 tentang penetapan SKKNI kategori Pengadaan Air, Pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuangan dam pembersihan limbah dan sampah golongan pokok pengelolaan limbah bidang limbah industri dan telah ditandatanganinya Kementerian ketenagakerjaan pada tahun2 016 yang didalamnya mencakup penetapan standar kompetensi bidang Lingkungan Hidup, Pemantauan dan Analisis Pengelolaan Limbah B3.

Skema ini ditetapkan dengan tujuan untuk digunakan sebagai acuan dalam sertifikasi kompetensi profesi Lingkungan Hidup khususnya bidang Pemantauan dan Analisis Pengelolaan Limbah B3 bagi tenaga kerja yang telah mendapatkan kompetensinya melalui proses pembelajaran baik formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja, yang mengacu kepada standar kompetensi Lingkungan Hidup hasil MRA diantara Negara Negara ASEAN yang mengacu kepada SKKNI NO. 187 TAHUN 2016 Skema ini ditetapkan dalam kerangka harmonisasi rekognisi ASEAN khususnya dan internasional pada umumnya.

Tujuan Training Penentuan Potensi Pencemaran dan Karakteristik Limbah B3 (Sertifikasi BNSP)

Dengan skema sertifikasi yang mengacu langsung pada ASEAN MRA ini diharapkan dapat memberi manfaat langsung para pemangku kepentingan.

Bagi Industri

  • Membantu industri meyakinkan kepada kliennya bahwa jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten.
  • Membantu industri dalam rekruitmen dan mengembangkan tenaga berbasis kompetensi guna meningkatkan efisensi pengembangan SDM khususnya dan efisiensi nasional pada umumnya.
  • Membantu industri dalam sistem pengembangan karir dan remunerasi tenaga berbasis kompetensi dan meningkatkan produktivitas.

Bagi Tenaga Kerja

  • Membantu tenaga profesi meyakinkan kepada organisasi/industri/kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan jasa dan meningkatkan percaya diri tenaga profesi.
  • Membantu tenaga profesi dalam merencanakan karirnya dan mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.
  • Membantu tenaga profesi dalam memenuhi persyaratan regulasi.
  • Membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara.
  • Membantu tenaga profesi dalam promosi profesinya dipasar tenaga kerja

Bagi Lembaga Lingkungan hidup dan juga Pelatihan.

  • Membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi dunia industri.
  • Membantu memastikan tercapainya efisiensi dalam pengembangan program diklat.
  • Membantu memastikan pencapain hasil diklat yang tinggi.
  • Membantu Lemdiklat dalam sistem asesmen baik formatif, sumatif maupun holistik yang dapat memastikan dan memelihara kompetensi peserta didik selama proses diklat

RUANG LINGKUP SKEMA SERTIFIKASI

  • Ruang Lingkup : Pengelolaan Limbah Industri
  • Lingkup Penggunaan Sertifikat : Instansi Pemerintah / Swasta, dan industry

TUJUAN SERTIFIKASI

  • Memastikan dan memelihara kompetensi kerja pekerja pada jabatan Penentuan Potensi Pencemaran dan Karakteristik Limbah B3
  • Sebagai acuan dalam pelaksanaan asesmen oleh LSP Lingkungan Hidup dan Asesor kompetensi

ACUAN NORMATIF

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
  • Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional
  • Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen K3
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  • Peraturan Menteri Kesehatan nomor 416 tahun 1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Bersih
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 3 tahun 2008 tentang tata cara pemberian symbol dan label bahan berbahaya dan beracun
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2014 tentang baku mutu air limbah
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.6/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2018 Tentang Standar Dan Sertifikasi Kompetensi Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara dan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara
  • Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor Nomor 187 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI kategori Pengadaan Air, Pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuangan dam pembersihan limbah dan sampah golongan pokok pengelolaan limbah bidang limbah industri
  • Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi nomor 1/BNSP/III/2014 tentang Pedoman Penilaian Kesesuaian Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi
  • Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi nomor 2/BNSP/VIII/2017 tentang pedoman Pengembangan dan pemeliharaan Skema Sertifikasi

MATERI TRAINING

  1. The Nature of Hazardous Chemicals in Industries ( hazardous Properties dari bahan kimia berbahaya)
  2. Identifikasi bahan kimia berbahaya
  3. Efek – efek bahaya dari Zat – zat kimia yang terkandung dalam limbah
  4. Hazard system bahan kimia berbahaya
  5. Management Bahaya Zat – zat kimia
  6. Sistem dokumentasi Limbah B3
  7. Sistem Pengemasan dan penyimpanan limbah B3
  8. Pelabelan dan simbolisasi Limbah B3
  9. Proses pengangkutan limbah B3 dan Teknologi yang digunakan
  10. Risk assessment due to Hazardous Chemicals Released
  11. Strategies (Management for Risk Prevention)
  12. Persyaratan Pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun berdasarkan peraturan yang berlaku
  13. Proses penimbunan dan pembuangan akhir limbah B3
  14. 14Strategi tanggap darurat limbah B3

Rincian Unit Kompetensi

NO. KODE UNIT UNIT KOMPETENSI
1. E.381200.001.01 Mengidentifikasi Sumber Limbah Bahan Berbahaya dan

Beracun (B3)

2. E.381200.002.01 Menentukan Sumber Dan Kategori Bahaya Timbulan

Limbah B3

3. E.381200.003.01 Menilai Tingkat Pencemaran Lingkungan Sebagai Dampak

Dari Paparan/Kontaminasi Limbah B3

4. E.381200.004.01 Menganalisis Limbah B3
5. E.381200.005.01 Mengevaluasi Hasil Analisis Limbah B3
6. E.381200.006.01 Melakukan Pengawasan Analisis Limbah B3
7. E.382200.009.01 Mengidentifikasi Sistem Tanggap Darurat Dalam Pengolahan limbah B3
8. E.382200.010.01 Melakukan Tindakan K3 Terhadap Bahaya Dalam Pengolahan limbah B3

PERSYARATAN PESERTA

Pendidikan

  • Minimum S2 (Strata-Dua) dan atau Sertifikat Pelatihan Bidang Pengendalian Pencemara
  • Minimum S1 (Strata-Satu) Rumpun Ilmu Lingkungan, dengan pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun dibidang pengendalian pencemaran udara dan atau Sertifikat Pelatihan bidang Pengendalian Pencemaran Udara.
  • Minimum S1 (Strata-Satu) Selain Rumpun Ilmu Lingkungan, dengan pengalaman kerja paling sedikit 3 (tiga) tahun dibidang pengendalian pencemaran udara dan atau Sertifikat Pelatihan bidang Pengendalian Pencemaran Udara.
  • Minimum D-3 (Diploma-Tiga) Rumpun Ilmu Lingkungan, dengan pengalaman kerja paling sedikit 3 (Tiga) tahun dibidang pengendalian pencemaran udara dan atau Sertifikat Pelatihan bidang Pengendalian Pencemaran Udara
  • Minimum D-3 (Diploma- Tiga) selain Rumpun Ilmu Lingkungan, dengan pengelaman kerja paling sedikit 5 (lima) tahun dibidang pengendalian pencemaran udara dan atau Sertifikat Pelatihan bidang Pengendalian Pencemaran Udara
  • Sekolah Menengah Umum (SMU)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan pengalaman kerja paling sedikit 7 (tujuh) tahun dibidang pengendalian pencemaran udara dan atau Sertifikat Pelatihan bidang Pengendalian Pencemaran Udara

DURASI

3 HARI

INVESTASI

  • Rp. 8.600.000,00/peserta (diluar biaya akomodasi) sudah termasuk biaya uji kompetensi/Sertifikasi (Lokasi di PT Ganesha Inti Persada)
  • Rp. 10.000.000/peserta (diluar biaya akomodasi) sudah termasuk biaya uji kompetensi/Sertifikasi (Lokasi di Hotel)

LOKASI

Jakarta (Offline)

FASILITAS

Sertifkat BNSP, Training Kit, Lunch, Coffee Break

INFORMASI DAN PROMO

0852-1159-7334 (WA)

021 – 22830080

CONTACT PERSON

0852-1159-7334 (WA)

Jadwal Online & OfflineTahun 2025:

Januari

  • 2-4 Januari 2025, Lombok
  • 7-9 Januari 2025, Jakarta
  • 15-17 Januari 2025, Yogyakarta
  • 20-22 Januari 2025, Bandung

Februari

  • 5-7 Februari 2025, Batam
  • 12-14 Februari 2025, Jakarta
  • 19-21 Februari 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Februari 2025, Bandung

Maret

  • 5-7 Maret 2025, Malang
  • 12-14 Maret 2025, Jakarta
  • 19-21 Maret 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Maret 2025, Bandung

April

  • 2-4 April 2025, Surabaya
  • 9-11 April 2025, Jakarta
  • 15-17 April 2025, Yogyakarta
  • 23-25 April 2025, Bandung

Mei

  • 7-9 Mei 2025, Malang
  • 14-16 Mei 2025, Jakarta
  • 20-223 Mei 2025, Yogyakarta
  • 26-28 Mei 2025, Bandung

Juni

  • 2-4 Juni 2025, Bali
  • 9-11 Juni 2025, Jakarta
  • 16-18 Juni 2025, Yogyakarta
  • 23-25 Juni 2025, Bandung

Juli

  • 1-3 Juli 2025, Batam
  • 7-9 Juli 2025, Jakarta
  • 14-16 Juli 2025, Lombok
  • 21-23 Juli 2025, Yogyakarta
  • 28-30 Juli 2025, Bandung

Agustus

  • 4-6 Agustus 2025, Bali
  • 11-13 Agustus 2025, Jakarta
  • 18-20 Agustus 2025, Yogyakarta
  • 25-27 Agustus 2025, Bandung

September

  • 2-4 September 2025, Surabaya
  • 8-10 September 2025, Jakarta
  • 15-17 September 2025, Yogyakarta
  • 24-26 September 2025, Bandung

Oktober

  • 2-4 Oktober 2025, Bali
  • 6-8 Oktober 2025, Jakarta
  • 13-15 Oktober 2025, Yogyakarta
  • 20-22 Oktober 2025, Semarang
  • 27-29 Oktober 2025,Bandung

November

  • 5-7 November 2025, Lombok
  • 12-14 November 2025, Jakarta
  • 19-21 November 2025, Yogyakarta
  • 26-28 November 2025, Bandung

Desember

  • 1-3 Desember 2025, Surabaya
  • 8-10 Desember 2025, Jakarta
  • 15-17 Desember 2025, Yogyakarta
  • 29-31 Desember 2025, Bandung

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Klik link form registrasi https://bit.ly/FormRegistrasiPTGIP

TRAINING MANAJEMEN LINEN DAN LAUNDRY RUMAH SAKIT : (13-14 Maret 2025,Bandung) (17-18 Maret 2025, Yogyakarta) (24-25 Maret 2025, Jakarta) (7-8 April 2025, Bandung)

PENGANTAR TRAINING TRAINING MANAJEMEN LINEN DAN LAUNDRY RUMAH SAKIT

Dalam bidang perumah sakitan pasti tidak asing lagi dengan istilah “Linen”. Dalam  Kamus Bahasa Indonesia, linen diartikan sebagai kain putih, jadi hospital linen berarti kain putih yang digunakan di Rumah Sakit. Linen termasuk alat kesehatan non medis yang vital, karena digunakan oleh seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit. Oleh karena itu pengelolaannya harus betul- betul dilaksanakan dengan baik.

Rumah Sakit biasanya mempunyai laundry yang bertanggung jawab terhadap  pencucian linen , baik linen perkantoran maupun linen yang digunakan oleh karyawan dan pasien.

Secara umum tugas dari laundry di Rumah Sakit adalah :

  • Menerima alat tenun dari semua Unit pelayanan di Rumah Sakit
  • Mensuci hamakan alat tenun yang telah tercemar kuman
  • Menyimpan persediaan semua unit pelaksana
  • Menjahit, menambal atau merombak alat tenun yang rusak
  • Membagikan alat tenun kesemua unit pelayanan
  • Merencanakan jumlah pembelian alat tenun pada tahap berikutnya
  • Menentukan standar jumlah alat tenun untuk seluruh unit pelayanan yang ada di Rumah Sakit, sehingga pelayanan tidak terganggu
  • Menjaga standar dan kualitas hasil dari persiapan, pemrosesan samapai pendistribusianya

Dengan melihat tugas-tugas laundry tersebut diatas. Maka perlu dipersiapkan personal – personal yang mampu dan mau mengerjakan tugasnya.

TUJUAN TRAINING MANAJEMEN LINEN & LAUNDRY RUMAH SAKIT

Secara umum tujuan dari Training Manajemen Linen & Laundry Rumah Sakit ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola manajemen rumah sakit tentang penanganan linen & laundry yang baik sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman. Hal ini dikarenakan pengelolaan linen & laundry yang baik tidak menghasilkan dampak buruk bagi lingkungan.  Sedangkan tujuan khususnya antara lain :

  • Mengetahui material yang cocok untuk linen rumah sakit
  • Mengetahui teknik penanganan linen kotor (infeksius dan non infeksius)
  • Mengetahui teknik pemaparan infeksius
  • Mengetahui limbah cair yang dihasilkan dari perawatan linen
  • Mengetahui pemaparan penyakit yang disebabkan oleh serangga
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen pengelolahan linen dan laundry rumah sakit.
  • Diharapkan peserta mampu mendesain, mengimplementasikan, serta mengendalikan kenyamanan ruang di rumah sakit melalui kebersihan dan sistem hygiene tepat guna.
  • Peserta mampu melakukan pengolahan dan pengendalian sistem pengolahan limbah rumah sakit agar tetap terjaga suasana aman, nyaman dan bersih
  • Dengan terpenuhinya kebutuhan pengetahuan terhadap manajemen linen dan laundry ini, merupakan bentuk kepatuhan rumah sakit terhadap peraturan dan perundang-undangan pemerintah yang berlaku

MATERI TRAINING MANAJEMEN LINEN & LAUNDRY RUMAH SAKIT

  • Undang-Undang tentang air limbah sesuai dengan peraturan Kementrian Lingkungan Hidup dan DepKes RI.
  • Pengantar manajemen linen dan laundry rumah sakit
  • Perencanaan kebutuhan linen dan bahan pencuciannya untuk pelayanan pasien dan  keperluan pakaian petugas sesuai dengan tugas dan fungsinya
  • Sistem Instalasi pengolahan air limbah
  • Infeksi Nosokomial
  • Aplikasi manajemen linen dan laundry rumah sakit : estimasi perhitungan kebutuhan linen sesuai dengan aktual kebutuhan rumah sakit, pemilihan karakter dan type bahan baku, perawatan dan pengelolahan (Teknik Proses Pencucian, Storage ) dan distribusi
  • Perbaikan linen yang rusak
  • Pemeliharaan peralatan laundry
  • Pengawasan kegiatan di unit linen dan laundry
  • Pelaporan kegiatan dan stok opname

TRAINER

Tim Konsultan PT Ganesha Inti Persada

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam)

INVESTASI TRAINING

Rp. 4.250.000,00/peserta (tidak termasuk biaya penginapan)

FASILITAS

Sertifkat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang

INFORMASI DAN PROMO

021-22830080

0852-1159-7334 (WA)

CONTACT PERSON

0852-1159-7334 (WA)

0812-9679-1224 (WA)

METODE TRAINING

Training ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Manajer Linen dan Laundry Rumah Sakit, Staf  Linen dan Laundry Rumah Sakit, Staf Pengolahan Limbah Cair, Staf CSSD, Kepala Instalasi Pengelolaan Limbah Cair

Jadwal Offline & Online Training Tahun 2025 

Januari

  • 9-10 Januari 2025, Bandung
  • 13-14 Januari 2025, Semarang
  • 16-17 Januari 2025, Yogyakarta
  • 20-21 Januari 2025, Bogor
  • 23-24 Januari 2025, Surabaya

Febuari

  • 6-7 Februari 2025,Yogyakarta
  • 13-14 Februari 2025,Bandung
  • 20-21 Februari 2025, Surabaya
  • 27-28 Februari 2025,Malang

Maret

  • 6-7 Maret 2025, Bali
  • 13-14 Maret 2025,Bandung
  • 17-18 Maret 2025, Yogyakarta
  • 24-25 Maret 2025, Jakarta

April

  • 7-8 April 2025, Bandung
  • 14-15 April 2025, Jakarta
  • 21-22 April 2025, Batam
  • 28-29 April 2025, Yogyakarta

Mei

  • 5-6 Mei 2025,Bandung
  • 11-12 Mei2025,Jakarta
  • 23-24 Mei 2025,Yogyakarta
  • 30-31 Mei 2025,Lombok

Juni

  • 9-10 Juni 2025, Malang
  • 16-17 Juni 2025, Yogyakarta
  • 19-20 Juni 2025, Bandung
  • 25-26 Juni 2025, Surabaya

Juli

  • 3-4 Juli 2025, Bandung
  • 10-11 Juli 2025, Jakarta
  • 17-18 Juli 2025, Malang
  • 24-25 Juli 2025, Yogyakarta
  • 30-31 Juli 2025, Batam

Agustus

  • 4-5 Agustus 2025, Surabaya
  • 11-12 Agustus 2025, Bali
  • 18-19 Agustus 2025, Yogyakarta
  • 25-26 Agustus 2025, Jakarta

September

  • 2-3 September 2025, Bandung
  • 9-10 September 2025, Yogyakarta
  • 16-17 September 2025, Jakarta
  • 25-26 September 2025, Lombok
  • 29-30 September 2025, Medan

Oktober

  • 1-2 Oktober 2025, Yogyakarta
  • 8-9 Oktober 2025, Jakarta
  • 15-16 Oktober 2025, Bali
  • 22-23 Oktober 2025, Surabaya
  • 29-30 Oktober 2025, Batam

November

  • 6-7 November 2025, Yogyakarta
  • 13-14 November 2025, Jakarta
  • 20-21 November 2025, Bandung
  • 27-28 Novemeber 2025, Surabaya

Desember

  • 3-4 Desember 2025, Medan
  • 10-11 Desember 2025, Jakarta
  • 17-18 Desember 2025, Bandung
  • 22-23 Desember 2025, Surabaya
  • 29-30 Desember 2025, Yogyakarta

Klik link form registrasi https://bit.ly/FormRegistrasiPTGIP

Training terbaru tentang logistik rumah sakit : (13-14 Maret 2025,Bandung) (17-18 Maret 2025, Yogyakarta) (24-25 Maret 2025, Jakarta) (7-8 April 2025, Bandung)

PENGANTAR TRAINING MANAJEMEN LOGISTIK RUMAH SAKIT

Manajemen logistik merupakan aktivitas yang sangat penting dalam rumah sakit karena menjamin ketersediaan pasokan baik untuk obat – obatan maupun perlengkapan operasional lainnya pada biaya yang minimum. Untuk menangani arus persediaan barang-barang persediaan dan material yang tinggi di rumah sakit, diperlukan manajemen logistik yang baik.

Keberhasilan pengelolaan logistik rumah sakit tergantung pada kompetensi dari manajer logistik rumah sakit. Manajer berfungsi untuk mengelola logistik melalui fungsi antara lain mengidentifikasi, merencanakan pengadaan, pendistribusian alat hingga mengembangkan sistem pengelolaan logistik yang efektif dan efisien. Pengadaan alat yang tepat dan berfungsi dengan baik akan memperlancar kegiatan pelayanan pasien sehingga berdampak bagi peningkatan mutu pelayanan secara umum.

Pelatihan ini memberikan arahan bagi supervisor atau staf logistik mengenai teknik dan metoda pengelolaan logistik yang efektif dan terintegrasi, yang meliputi aktivitas pengklasifikasian material dan perhitungan inventory optimumnya, pembelian, pergudangan, pengendalian inventori, dan beserta sistem administrasi dan sistem informasi.

TUJUAN TRAINING MANAJEMEN LOGISTIK RUMAH SAKIT

  • Mamahami konsep dasar manajemen logistik Rumah Sakit dan mampu mengidentifikasi kebutuhan manajemen logistik dalam satu pelayanan kesehatan hingga mampu memberikan usulan perbaikan yang diperlukan.
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan sebuah system informasi logistik dengan menggunakan software.
  • Membuat sistem pengelolaan logistik keperawatan mulai dari perencanaan pengadaan, pemeliharaan, evaluasi dan pengembangan sistem tersebut.
  • Mampu melaksanakan pengendalian stok obat dan alat kesehatan multi gudang (multi apotek / floorstock) sehingga bisa dilakukan dengan lebih mudah

MATERI TRAINING MANAJEMEN LOGISTIK RUMAH SAKIT

  1. Konsep Dasar Manajemen Logistik
  2. Tujuan dan Fungsi Manajemen Logistik (Perencanaan, Penganggaran, Pengadaan, Penyimpanan dan Penyaluran (Distribusi) serta Penghapusan dan Pengendalian
  3. Logistic Operation & Integration serta Implementasi Manajemen Logistik pada Industri Rumah Sakit
  4. Pengelolaan logistik dengan SIM RS
  5. Hardware dan software dalam sistem pengarsipan elektronik
  6. Perancangan dan Perencanaan Sistem dan Struktur Arsip Elektronik
  7. Teknik Pengendalian Sistem Pengarsipan Elektronik

PESERTA TRAINING

Manager, Supervisor, support personnel di bagian logistic, pengadaan, inventory, warehousing di lingkungan RS atau staf yang bertanggung jawab dalam pengendalian persediaan barang.

TRAINER

Tim Konsultan PT Ganesha Inti Persada

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam)

INVESTASI TRAINING

Rp. 4.000.000,00/peserta (Untuk pembayaran  1 minggu sebelum tanggal pelaksanaan training)

Rp. 4.250.000,00/peserta (Untuk pembayaran  dibayarkan pada saat pelatihan/onsite)

Rp. 4.500.000,00/peserta (Untuk pembayaran  1 minggu setelah tanggal pelaksanaan training)

FASILITAS

Sertifkat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang

INFORMASI DAN PROMO

021-22830080

0852-1159-7334 (WA)

CONTACT PERSON

0852-1159-7334 (WA)

METODE TRAINING

Presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi, pre test dan post test

PESERTA TRAINING

Manager, Supervisor atau support personnel di bagian logistic, pengadaan, inventory, warehousing.

Jadwal Offline & Online Training Tahun 2025 

Januari

  • 9-10 Januari 2025, Bandung
  • 13-14 Januari 2025, Semarang
  • 16-17 Januari 2025, Yogyakarta
  • 20-21 Januari 2025, Bogor
  • 23-24 Januari 2025, Surabaya

Febuari

  • 6-7 Februari 2025,Yogyakarta
  • 13-14 Februari 2025,Bandung
  • 20-21 Februari 2025, Surabaya
  • 27-28 Februari 2025,Malang

Maret

  • 6-7 Maret 2025, Bali
  • 13-14 Maret 2025,Bandung
  • 17-18 Maret 2025, Yogyakarta
  • 24-25 Maret 2025, Jakarta

April

  • 7-8 April 2025, Bandung
  • 14-15 April 2025, Jakarta
  • 21-22 April 2025, Batam
  • 28-29 April 2025, Yogyakarta

Mei

  • 5-6 Mei 2025,Bandung
  • 11-12 Mei2025,Jakarta
  • 23-24 Mei 2025,Yogyakarta
  • 30-31 Mei 2025,Lombok

Juni

  • 9-10 Juni 2025, Malang
  • 16-17 Juni 2025, Yogyakarta
  • 19-20 Juni 2025, Bandung
  • 25-26 Juni 2025, Surabaya

Juli

  • 3-4 Juli 2025, Bandung
  • 10-11 Juli 2025, Jakarta
  • 17-18 Juli 2025, Malang
  • 24-25 Juli 2025, Yogyakarta
  • 30-31 Juli 2025, Batam

Agustus

  • 4-5 Agustus 2025, Surabaya
  • 11-12 Agustus 2025, Bali
  • 18-19 Agustus 2025, Yogyakarta
  • 25-26 Agustus 2025, Jakarta

September

  • 2-3 September 2025, Bandung
  • 9-10 September 2025, Yogyakarta
  • 16-17 September 2025, Jakarta
  • 25-26 September 2025, Lombok
  • 29-30 September 2025, Medan

Oktober

  • 1-2 Oktober 2025, Yogyakarta
  • 8-9 Oktober 2025, Jakarta
  • 15-16 Oktober 2025, Bali
  • 22-23 Oktober 2025, Surabaya
  • 29-30 Oktober 2025, Batam

November

  • 6-7 November 2025, Yogyakarta
  • 13-14 November 2025, Jakarta
  • 20-21 November 2025, Bandung
  • 27-28 Novemeber 2025, Surabaya

Desember

  • 3-4 Desember 2025, Medan
  • 10-11 Desember 2025, Jakarta
  • 17-18 Desember 2025, Bandung
  • 22-23 Desember 2025, Surabaya
  • 29-30 Desember 2025, Yogyakarta

 

 

error: konten website copyright Citra Inti Training, untuk mengcopy silahkan hubungi kami.
Verified by MonsterInsights